Wednesday, February 11, 2015

Mengenal 3 Angklung,Khas Indonesia

Alat Musik -  Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu berukuran agak besar sampai kecil, angklung sendiri dapat dimainkan secara individu maupun kelompok. Ada banyak sekali macam angklung di Indonesia contohnya seperti : 

angklung Kenekes
Angklung Kenekes, angklung ini berasal dari daerah Kenekes dan dibuat di Cikeusik digunakan terutama karena hubungannya dengan ritus padi, bukan semata-mata untuk hiburan orang-orang. Angklung digunakan atau dibunyikan ketika mereka menanam padi di huma (ladang). Menabuh angklung ketika menanam padi ada yang hanya dibunyikan bebas (dikurulungkeun), terutama di Kajeroan (Tangtu; Baduy Jero), dan ada yang dengan ritmis tertentu, yaitu di Kaluaran (Baduy Luar).
 

angklung Reog
Angklung Reyog merupakan alat musik untuk mengiringi tarian reog ponorogo di jawa timur. angklung Reog memiliki khas dari segi suara yang sangat keras, memiliki dua nada serta bentuk yang lengkungan rotan yang menarik (tidak seperti angklung umumnya angklung berbentuk kubus) dengan hiasan benang berumbai-rumbai warna yang indah. di kisahkan angklung merupakan sebuah senjata dari kerajaan bantarangin ketika melawan kerajaan lodaya pada abad ke 9, ketika kemenangan oleh kerajaan bantarangin para prajurit gembira tak terkecuali pemegang angklung, karena kekuatan yang luar biasa penguat dari tali tersebut lenggang hingga menghasilkan suara yang khas yaitu klong- klok dan klung-kluk bila didengar akan merasakan getaran spiritual.

angklung caruk
angklung Caruk
Angklung Caruk, angklung yang berasal dari Banyuwangi ini memiliki bentuk seperi calung dengan nada budaya banyuwangi, Kata “caruk” berasal dari kata asli Banyuwangi yang berarti “pertemuan”. Dua kelompok bertemu dan bersaing untuk bermain angklung bersama yang disebut angklung caruk.Biasanya ada tiga kelompok penonton. Satu kelompok mendukung satu kelompok angklung dan kelompok penonton lainnya mendukung kelompok angklung kedua. Kelompok ketiga adalah penonton netral.



Berikut ini merupakan sebuah penayangan dari aksi anak Indonesia yang memainkan alat musik angklung di USA.

No comments:

Post a Comment