Friday, March 13, 2015

Melihat keunikan tari Barong Khas Bali



 Tari Tradisonal - Siapa sih yang gak kenal dengan tari Barong khas Bali ini. Orang Indonesia wajib tahu toh. Seperti yang kita tahu tari barong merupakan suatu tarian yang dimana dua orang  penari memakai kostum barong, tentunya dengan gerakan yang selaras dan diikuti alunan gamelan Bali. Tari Barong sendiri biasanya dimainkan pada acara - acara tertentu pada tradisi Bali, namun sekarang kalian pun bisa melihatnya langsung tanpa menunggu hari besar atau perayaan tertentu di Bali.

Perlu sobat Indonesia Keren tahu sebenarnya banyak sekali jenis Barong, sob. Untuk foto diatas itu namanya Barong Ket, Barong Ket merupakan perpaduan bentuk antara singa, macan,sapi dan naga. Badan Barong Ket dihiasi dengan kulit berukiran rumit dan ratusan kaca cermin berukuran kecil. Kaca-kaca cermin itu bagai permata dan tampak berkilauan ketika tertimpa cahaya. Bulu Barong Ket terbuat dari kombinasi perasok (serat daun tanaman sejenis pandan) dan ijuk.

         Berikut ini beberapa jenis Barong, antara lain :

sumber : maxhelarsuka-suka.blogspot.com




Gambar disamping ini disebut Barong Bangkal, Barong yang menyerupai Babi Jantan, Barong ini biasanya dipentaskan atau dimainkan keliling desa - desa atau biasanya dimainkan pada acara Galungan






sumber : www.vianobali.com

Kemudian untuk gambar disamping ini disebut Barong Macan, Disebut Barong Macan karena rupa barong menyerupai kepala macan. Untuk pementasan barong macan ini biasanya dipentaskan dengan berkeliling desa dan diiringi gamelan






sumber : samongbali.blogspot.com


Kemudian untuk foto barong yang ada disamping, merupakan tarian barong yang sangat langka namanya Barong Brutuk, Barong Brutuk ini sangat primitif dibandingkan dengan jenis barong lain. Pemain dari Barong Brutuk ini yakni seorang remaja yang sebelumnya sudah disucikan. Perlu yang sobat Indonesia Keren tahu topeng barong ini terbuat dari batok kelapa dan kostumnya terbuat dari keraras atau daun pisang yang sudah kering.











kalo temen pengen banget nonton tarian Barong Berikut videonya, selamat menonton

No comments:

Post a Comment