Tuesday, March 10, 2015

Mengenal Sasando, alat musik dawai khas NTT

Alat Musik - Siapa yang belum menggenal alat musik Sasando? pastinya sudah tau dong, pokok nya sedikit - sedikit tau lah. Alat musik Sasando, atau dalam bahasa Rote Sasandu yang dapat diartikan sebagai alat yang bergetar atau berbunyi merupakan salah satu alat atau instrumen musik tradisional khas yang unik dari Indonesia tepatnya berasal dari bagian timur Indonesia yakni Nusa Tenggara Timur. 
Sasando sendiri merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik karena Sasando mempunyai dawai seperti gitar, atau sitar. Sasando terbuat dari bambu untuk bagian dalam tempatnya untuk meregangkan  dawai, kemudian daun lontar fungsinya sebagai resonansi dari Sasando itu sendiri.

Sasando Elektrik
Sasando Elektrk
Namun dengan berkembangnya zaman maka terciptalah Sasando elektrik, hampir sama dengan Sasando tradisional namun sudah dilengkapi dengan alat pengeras suara seperti microfon kecil didalamnya, tetapi pada Sasando modern ini kadang sudah tidak menggunakan daun lontar lagi, 

Dengan adanya suatu perkembangan alat musik tradisional ini kami berharap generasi muda tetap melestarikannya, kalau bukan generasi muda Indonesia trus siapa lagi?

        Sobat Indonesia Keren yang pengen liat permainan musik Sasando ini video nya selamat nonton



No comments:

Post a Comment